Simulasi CAT CPN 2019Seleksi CPNS Tahun 2021 akan dibuka kembali. Pemerintah berencana untuk melaksanakan proses seleksi di awal-awal tahun 2021. Kepala Biro Hukum, Komunikasi, dan Informasi Publik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Andi Rahadian menjelaskan, “Rekrutmen ASN untuk tahun 2021 akan diadakan. Saat ini sedang dilakukan proses pengajuan serta verifikasi dan validasi usulan dari masing-masing instansi pemerintah di pusat dan daerah.”

Tenaga Pendidikan dan Kesehatan Jadi Prioritas

Dia juga mengatakan bahwa seleksi CPNS tahun 2021 mempertimbangkan kebutuhan dan evaluasi atas dampak pandemi COVID-19. Prioritas seleksi CPNS adalah untuk pengadaan tenaga pendidikan, tenaga kesehatan, dan tenaga teknis. “Untuk itu pengadaan formasi ASN saat ini diprioritaskan pada tenaga pendidikan, tenaga kesehatan dan tenaga teknis,” kata Andi Rahardian. Proses pelaksanaan rekrutmen ASN ini akan dimulai pada awal-awal tahun dengan proses dan materi seleksi yang sama dengan sebelum-sebelumnya. 

Menteri Pemberdayaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi Tjahjo Kumolo, di Solo, Jawa Tengah, Jumat (28/8/2020) mengatakan “Tahun depan sudah kita sepakati untuk adanya pengadaan 1 juta guru,” .

Andi Rahadian juga menegaskan bahwa hingga saat ini tidak ada rencana pengangkatan tenaga honorer secara langsung menjadi CPNS. Dia mengatakan, berdasarkan regulasi yang berlaku, baik untuk CPNS maupun Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) mesti melewati seleksi.

Untuk itu, kepada masyarakat yang berminat untuk mengabdikan diri berkarya dan berkarier sebagai Aparatur Sipil Negara untuk mempersiapkan diri sebaik-baiknya.

 13 total views,  9 views today

Like & Share
 

Tags: , , , ,