6 Tips Lolos SKD 2021 ini ditulis berdasarkan pengalaman penulis baik sebagai peserta tes maupun sebagai pelaksana tes. Artikel ini bertujuan untuk membantu anda yang sedang mempersiapkan diri menghadapi seleksi menjadi Aparatur Sipil Negara(ASN).

Seleksi ASN dilaksanakan oleh pemerintah setiap tahun baik melalui jalur pendidikan/sekolah kedinasan maupun jalur tes CPNS terbuka. Persaingan pun semakin ketat seiring dengan meningkatnya minat masyarakat untuk berkarier sebagai ASN. Untuk menaklukkan persaingan yang sangat ketat seperti ini, selain keunggulan akademik anda juga dituntut untuk menerapkan strategi yang tepat. Anda dapat menerapkan 6 tips lolos SKD 2021 ini sebagai instrument meraih sukses.

Apakah mungkin meraih nilai sempurna pada SKD?

Meraih nilai sempurna dalam suatu tes itu sangat mungkin, tetapi bukan hal yang mudah. Selain pengetahuan dan kemampuan, Anda juga harus memiliki strategi yang tepat. Dengan penerapan prinsip kompetitif, adil, objektif, transparan, dan bersih dalam penyelengaraan SKD, kesempatan untuk meraih nilai sempurna sangat terbuka. Atau, setidaknya meraih nilai sempurna atau mendekati sempurna pada salah satu sub-tes SKD. Misalnya. Meraih nilai sempurna pada TWK, TIU, atau TKP saja.

Untuk dapat meraih nilai sempurna atau mendekati sempurna pada SKD CPNS atau Sekolah Kedinasan 2021 Anda bisa menggunakan 6 tips atau strategi berikut;

Tip 1; Be a Big Picture Person

Dalam konsep management HRD moderen, Big Picture Person adalah seseorang yang mampu melihat gambaran besar dari suatu proyek atau program. Big Picture Person biasanya lebih goal-oriented atau berorientasi kepada tujuan. Pertanyaan seperti what is the big picture of the project/program selalu ditanyakan pada proses seleksi manajer atau direktur di Lembaga-lembaga internasional.

Dalam konteks seleksi ASN baik melalui jalur sekolah kedinasan maupun CPNS, anda dapat menemukan big picture di peraturan Menteri terkait. Big Picture atau gambaran besar dari suatu proyek biasanya dapat dipahami dari tujuan suatu proyek atau program. Dalam hal pengadaan ASN, Anda bisa melihat PERMENPAN RB NO 23 TAHUN 2019 atau Permen PAN RB nomor 48 tahun 2020 dan pahami tujuan pengadaan,

Pernyataan tujuan tersebut di atas, dengan sangat jelas  menyebutkan bahwa pemerintah menghendaki ASN yang;

  1. Memiliki karakteristik pribadi unggul selaku penyelenggara pelayanan publik; yang disaring melalui Tes Karakteristik Pribadi (TKP);
  2. Mampu berperan sebagai perekat dan pemersatu Negara Kesatuan Republik Indonesia; yang diseleksi melalui Tes Wawasan Kebangsaan (TWK);
  3. Memiliki intelegensia yang tinggi untuk pengembangan kapasitasdan kinerja Lembaga/instansi; yang diuji melalui Tes Intelegensia Umum (TIU);

Dengan memahami big picture atau tujuan program pengadaan ASN ini, Anda dapat menerapkan strategi berikut untuk memenangkan persaingan.

  1. Dalam Tes Karakteristik Pribadi (TKP) pilihlah jawaban-jawaban yang menunjukkan bahwa anda adalah seorang pribadi yang memiliki karakteristik unggul sebagai penyelenggara pelayanan public;
  2. Dalam Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) pilihlah jawaban-jawaban yang menunjukkan bahwa anda memiliki sikap dan perilaku yang merekat dan mempersatukan bangsa; dan
  3. Dalam Tes Intelegensia Umum (TIU) Anda harus bisa membuat prioritas nilai yang akan anda ambil sesuai dengan minat dan kemampuan anda.

Tip 2; Be a Detailed Person

Selanjutnya adalah jadilah a detailed person. Dalam konteks seleksi masuk sekolah kedinasan atau CPNS adalah memahami kisi-kisi dan tujuan khusus dari setiap sub-tes secara detil. Setelah itu, anda lakukan analisa SWOT ke diri sendiri. Lakukan identifikasi kelebihan dan kekurangan anda, lalu tentukan target nilai dan dari soal apa saja anda akan mendapatkannya.  Misalnya untuk TIU, anda menetapan untuk memperoleh nilai dari soal-soal analogi, silogisme, logika analisis, perbandingan, soal cerita dan figural. Maka anda harus fokus pada soal-soal tersebut.

Tip 3; Be a Wise Learning Manager

Setelah menetapkan target nilai dan dari soal apa anda akan mendapatkannya, Langkah berikutnya adalah menyusun rencana pembelajaran. Jadilah manajer pembelajaran yang bijak untuk diri anda sendiri. Kenali kelebihan dan kekurangan anda serta gaya dan kecenderungan belajar anda. Buat rencana dan jadwal belajar serta tentukan dan gunakan sumber dan mitra belajar yang anda miliki. Bila perlu gunakan tentor atau pembimbing. Jangan lupa untuk melakukan evaluasi berkala dan merancang periodesasi peak performance anda adalah pada hari pelaksanaan tes.

Tip 4; Be a Smart Learner

Berikutnya adalah jadilah pembelajar yang cerdas. Pembelajar yang cerdas selalu berorientasi pada tujuan, menggunakan semua resources dengan efektif dan efisien, focus dan konsisten. Pembelajar yang cerdas tidak akan mempelajari materi-materi yang sudah outdated alias kedaluwarsa.

Tip 5; Be a Confident Test-taker

Langkah berikutnya adalah dengan menjadi peserta tes yang percaya diri. Setelah semua persiapan yang anda lakukan, anda harus datang dan memasuki ruang tes dengan percaya diri. Kerjakan tes sesuai dengan rencana dan tetap fokus.

Tip 6; Leave it to Allah or to your God

Langkah terakhir adalah serahkan semua kepada Allah. Karena tugas kita sebagai makhlukNya hanyalah untuk selalu berusaha keras dan berdoa meminta kepadaNya. Hasilnya kita serahkan kepada Allah Yang Maha Tau yang terbaik untuk kita semua.

Kalau ada yang kurang jelas atau Anda butuh bantuan konsultasi untuk penerapan tips dan strategi yang akan menjamin keberhasilan Anda ini,  silahkan hubungi kami di WA085811189913.

Salam Sukses Selalu!!!

 475 total views,  3 views today

Like & Share
 

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , ,