Senin 22/10/2018, Menristekdikti M Nasir mengungkapkan beberapa perubahan sistem SBMPTN 2019. Kebijakan baru ini adalah bagian dari pengembangan model dan proses seleksi masuk PTN yang mengacu pada prinsip transparan, adil, dan akuntabel. Selain itu sitem baru ini juga sesuai dengan perkembangan teknologi kini yang fleksibel dan efisien.

Bagi sisws-siswi kelas XII, alumni SMU tahun 2018, para orang tua yang putera-puterinya akan mengikuti Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri, para guru serta stakeholders SBMPTN yang lain wajib hukumnya untuk lebih memahami kebijakan ini.

Berikut adalah hal-hal baru dalam Proses Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri 2019:

  1. LTMPT sebagai Penyelenggara SBMPTN

Mulai tahun 2019, seleksi penerimaan mahasiswa baru dilaksanakan oleh institusi nir-laba bernama Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT).

Tugas dan fungsi LTMPT adalah

  • mengelola dan mengolah data calon mahasiswa baru untuk bahan seleksi jalur SNMPTN dan SBMPTN oleh Rektor PTN, dan
  • Melaksanakan Ujian Tulis Berbasis Komputer ( UTBK).
  1. Tes & Daftar PTN dengan nilai yang didapat

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, di tahun 2019 mendatang calon mahasiswa akan mengikuti tes terlebih dahulu dan setelah itu mendaftar ke perguruan tinggi dengan menggunakan nilai yang didapat.

Selain itu tes SBMPTN 2019 akan menggunakan soal-soal Higher Order Thinking Skills (HOTS). Oleh karena itu, persiapan secara khusus dengan pembiasaan diri mengerjakan latihan soal HOTS sangat diperlukan oleh setiap calon mahasiswa.

  1. Model Tes UTBK

Pelaksanaan SBMPTN 2019 hanya dilaksanakan dalam bentuk Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK).

  1. Dua Materi Tes

Materi tes SBMPTN 2019 meliputi:

  • Tes Potensi Skolastik (TPS) dan
  • Tes Kompetensi Akademik (TKA).dengan dua(2) pilihan

a. Ujian Sains dan Teknologi (Saintek)

b. Sosial Humaniora (Soshum).

  1. Dua Kali Tes

Peserta Tes Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri 2019 dapat mengikuti UTBK maksimal sebanyak dua kali dengan membayar uang pendaftaran UTBK sebanyak Rp. 200.000 pada setiap tes.

Peserta dapat menggunakan nilai tertingginya dalam mendaftar program studi yang diinginkan, pada dua kali UTBK, dengan jenis soal sama, namun pertanyaannya yang  berbeda.

  1. UTBK 24 kali

UTBK akan dilakukan sebanyak 24 kali dalam setahun. dalam waktu 12 hari yakni Sabtu dan Minggu, Pelaksanaan SBMPTN akan dilaksanakan pada Maret 2019 dan akan serentak dimulai pukul 08.00 dan pukul 13.00.

Dengaan bekal informasi tersebut di atas, Adik-adik calon peserta SBMPTN 2019 dan Para Orang Tua dapat mengambil sikap yang bijak dalam mempersiapakan diri.

Kami Taruna Luhur Edu Center, sebagai salah satu stakeholders SBMPTN telah merancang Program Bimbingan Unggulan yang akan membantu adik-adik calon peserta SBMPTN 2019 mendapatkan nilai tes yang terbaik sehingga dapat mewujudkan impian untuk belajar di jurusan dan PTN yang difavoritkan.

Bagi adik-adik di kota Jakarta, Palembang, Bandar Lampung dan Jambi tidak usah takut dan risau dalam menghadapi SBMPTN 2019. Kunjungi Taruna Luhur di kota Anda dan segera daftarkan diri Anda.

Salam Sukses!

431 total views, 2 views today

Like & Share
 

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,